Tpd9BSW5TUzlBSd5GUAlGfr6Td==
Mantap..!!! Survey Kebutuhan Bank Sampah Unit Rw 02 Berkah Sejahtera Desa Rawa. Panjang Implementasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Mantap..!!! Survey Kebutuhan Bank Sampah Unit Rw 02 Berkah Sejahtera Desa Rawa. Panjang Implementasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Daftar Isi
×

Bogor,Tribuntujuwali.com
Kegiatan ke-2 oleh Tim PkM Fakultas Teknik (FT) Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) ke lokasi di Desa Rawa Panjang Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang merupakan tindak lanjut kegiatan yang dilakukan sebagai penerima Pendanaan Program PkM Tahap (batch) Ke-2 Tahun Anggaran 2024 dari Direktorat Riset,ungkap Prionggo Hendradi dalam keterangan tertulis kepada wartawan (10/10/24).

Ia juga mengatakan ,Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) dengan meninjau langsung saat kegiatan penerimaan serta penimbangan sampah pada hari Selasa, 27 Agustus 2024 .

Prionggo Hendradi juga mengatakan, kegiatan ini dimulai dari jam 08.00 sd 10.00 dan selanjutnya jam 10.00 sd 12.00 adalah kegiatan pensortiran serta pemuatan kedalam mobil pick-up. Sedangkan proses pengadministrasian akan perolehan barang (sampah) dari nasabah dan lain-lain akan dilakukan setelah selesainya kegiatan tersebut.ujarnya.
    
(Tim PkM FT USNI melihat langsung kegiatan yang dilakukan dilokasi pengepulan BSU Rw02 Berkah Sejahtera)

Lanjut, Prionggo Hendradi,Kegiatan yang dilakukan oleh pengurus Bank Sampah Unit (BSU) Rw02 Berkah Sejahtera ini dilaksanakan dua (2) kali dalam sebulan dengan kebijakan bahwa tanggal pelaksanaan akan di informasikan satu (1) minggu sebelumnya kepada para nasabah BSU Rw02 Berkah Sejahtera.  

"Dengan demikian para nasabah BSU Rw02 Berkah Sejahtera dapat mepersiapkan barang yang akan dibawa ke lokasi pengepulan tersebut. Imbuhnya.,"

Pada kesempatan yang sama, seluruh Tim PkM FT USNI yang terdiri dari Dr.Prionggo Hendradi, MMSI (Ketua), Dr. Yusriani Sapta Dewi, M.Si (Anggota), Wawan Kurniawan, S.Kom., M.Kom. (Anggota) dan 2 (dua) orang Surveyor yaitu Kiki Kusumawati, ST., MMSI dan Ir. Nurhayati, M.Si serta dibantu oleh lima (5) mahasiswa dari tiga prodi (Teknik Informatika-TI, Sistem Informasi-SI dan Teknik Lingkungan-TL) yang ada di FT sebagai panitia (berseragam almamater USNI) berkesempatan untuk berdiskusi dengan seluruh pengurus BSU Rw02 Berkah Sejahtera terkait permasalahan dan juga kendala yang dialami didalam pelaksanaan kegiatan penerimaan, pengumpulan, pensortiran hingga pemuatan kedalam mobil pickup termasuk pengelolaan barang serta pengoperasian nasabah BSU Rw02 Berkah Sejahtera. 
Ujarnya,."

"Dari hasil diskusi ini, kami Tim PkM FT USNI memberikan usulan (ide) berupa inovasi pembuatan aplikasi Bank Sampah (digitalisasi) berbasis web yang dapat memberikan solusi atas permasalahan, kendala dan kondisi yang jauh lebih baik didalam tatakelola BSU Rw02 Berkah Sejahtera di Desa Rawa Panjang Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lanjut , Prionggo Hendradi,Disamping itu, Tim FT USNI juga menjelaskan akan apa saja manfaat yang diperoleh dengan penggunaan aplikasi digital bank sampah di BSU Rw02 bagi pengurus dan para nasabah yang memungkinkan sebagai ajang promosi dari salah satu kegiatan di Desa Rawa Panjang Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

Yang telah mengimplementasikan digitalisasi dikegiatannya bagi masyarakat dilingkungannya.
 
(Tim PkM FT USNI dengan Pengurus melakukan diskusi terkait Tatakelola BSU Rw02 Berkah Sejahtera)

"Dari diskusi tersebut, Tim FT USNI tidak hanya mendapatkan informasi tentang ide pembuatan aplikasi digital untuk Bank Sampah saja tetapi juga memperoleh beberapa dokumen penting operasional BSU Rw02 Berkah Sejahtera.  


 Selain itu ada faktor-faktor lain yang turut di perhitungkan dalam rancangan aplikasi digital bank sampah diantaranya pembayaran dari setoran sampah hingga penerimaan uang setoran yang perlu dikemas dalam aplikasi yang dibincangkan kedalam diskusi antara Tim FT USNI dengan para Pengurus BSU Rw02 Berkah Sejahtera guna mendukung pembuatan aplikasi dengan menganalisis semua masukan-masukan yang didapat serta merancang akan semua data atau dokumen yang diperoleh dalam bentuk tampilan atau output berupa kebutuhan dari pengurus serta para nasabah dalam menjalankan aplikasi Bank Sampah (digitalisasi) berbasis web. Imbuhnya,"


 Disampaikan pula oleh ibu Halmah selaku ketua pengurus BSU Rw02 Berkah Sejahtera bawah semua kegiatan dalam bentuk foto maupun video terkait aktifitas kegiatan pengurus akan dimasukan dalam link internet BSU Rw02 Berkah Sejahtera (https://g.co/kgs/27ZQHxW ).  

"Beliau berharap aplikasi yang direncanakan oleh Tim PkM FT USNI dapat direalisasikan dengan segera agar dapat diimplementasikan untuk di pakai oleh pengurus serta nasabah, sehingga apa yang menjadi masalah dan kendala dalam tatakelola BSU Rw02 Berkah Sejahtera dapat diatasi serta menjadi jauh lebih baik. Pungkasnya.

Sumber: Prionggo Hendradi

0Komentar

Special Ads
Special Ads
Special Ads