Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu Membuka Kegiatan Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar (Bersih Narkoba) bagi Relawan

Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu Membuka Kegiatan Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar (Bersih Narkoba) bagi Relawan


Tapanuli Selatan,Tribuntujuwali.com
 Kamis, 16 Mei 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara melaksanakan optimalisasi pembangunan kelurahan/desa bersinar (bersih narkoba) bagi relawan anti narkoba di Kabupaten Tapanuli Provinsi Sumatera Utara.

Selanjutnya kegiatan ini dibuka secara resmi Bupati Tapanuli Selatan (Ir. Dolly Pasaribu, SP., MM) menyampaikan bahwa Narkotika merupakan musuh yang sangat nyata dan wajib kita perangi, jangan sampai generasi muda di Tapanuli Selatan dirusak oleh narkoba. saya sangat berterimakasih kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah menjadikan program strategis daerah. saya ingatkan kepada camat dan kepala desa agar fokus juga kepada program P4GN karena untuk menjadi manusia yang sehat dan cerdas juga lingkungan yang aman sangat perlu untuk menjaga kualitas Sumber Daya Manusia nya. Narkoba tidak memandang status sosial, pendidikan maupun usia. banyak konflik yang terjadi tengah-tengah masyarakat maupun keluarga, untuk itu marilah kita bersama-sama menjaga keluarga dan lingkungan kita dari penyalagunaan narkoba dan peredarannya. 

Selanjutnya, Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Ormas Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara (Harry, SSTP., M.Sc) mewakili Kepala Badan Kesbangpol Provsu menjelaskan kegiatan ini upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai tindaklanjut regulasi Perda No 1/2019 tentang P4GN dan Program Strategis Daerah untuk menekan angka prevalansi penyalahgunaan, Peredaran dan kawasan rawan narkoba di Sumatera Utara. "ucap harry".

Dilanjutkan Bapak Heryanto, M.Psi Narasumber dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera melalui materi Optimalisasi Peran Relawan dalam Upaya P4GN, menjelaskan tentang prinsip dasar demand dan supply reduction dalam penanganan Narkoba, Kondisi dan Permasalahan Narkoba, Peran dan Fungsi Relawan baik sebagai Penyuluh-Inisiator-Fasilitator,  bentuk kegiatan yang dilakukan relawan anti Narkoba, dan Pentingnya Ketahanan Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Pentingnya program Rehabilitasi untuk mengurangi demand dari penyalahguna Narkoba. narasumber juga menekankan bahwa ketahanan diri dan Ketahanan Keluarga  berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang mampu menolak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan kelurahan maupun desanya masing masing "tegasnya".

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tapanuli Selatan Bapak Hamdy Pulungan juga menyampaikan kepada relawan anti narkoba agar kita dapat memberikan informasi kepada keluarga dan masyarakat bahaya menggunakan narkoba. saudara semua sudah ditetapkan dan dipercaya sebagai relawan anti narkoba di Kelurahan dan Desa serta dapat pembekalan tentang narkoba untuk itu agar dapat diimplementasikan kepada masyarakat di keluarga dan lingkungan masing-masing.

Selain itu hadir juga Kepala BNNK Tapanuli Selatan Bapak Saiful Fadly, Camat Batang Muara Tais dan Camat Batang Angkola. relawan juga dibekali pemahaman tentang sistem aplikasi "SIAP BERSINAR" agar setiap relawan memahami tugas nya sebagai relawan di desa/kelurahan yang telah dikukuhkan pada tahun 2023 lalu di Kantor Gubernur Sumatera Utara. adapun relawan yang ikut dalam kegiatan optimalisasi SIAP BERSINAR antara lain dari Kelurahan Sigalangan, Kelurahan Huta Tonga, Desa. Pasar lama dan Desa Garoga Kabupaten Tapanuli Selatan. (Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال