Badan Kesbangpol ProvSU Bekali Relawan anti Narkoba dengan Aplikasi SIAP BERSINAR di Mandailing Natal

Badan Kesbangpol ProvSU Bekali Relawan anti Narkoba dengan Aplikasi SIAP BERSINAR di Mandailing Natal


Mandailing Natal, Tribuntujuwali.com
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara melaksanakan optimalisasi pembangunan kelurahan/desa bersinar (bersih narkoba) bagi relawan anti narkoba di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.Senin, 13 Mei 2024.

Selanjutnya kegiatan ini dibuka secara resmi Bupati Madina yang diwakilkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab Madina (Dr. Kapsan Usman) menyampaikan bahwa Narkotika merupakan musuh yang sangat nyata dan wajib kita perangi. 

Hal ini juga disampaikan Presiden RI pada ratas bahwa negara ini sudah memasuki situasi darurat Narkoba, terkhusus untuk Provinsi Sumatera Utara sebagai peringkat 1 penyalagunaan narkoba.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa permasalahan dan penyalahgunaan narkoba sudah menjadi ancaman serius dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penyebaran dan penyalahgunaan narkoba telah menunjukkan identitas yang semakin meningkat dari hari kehari. baik pada tingkat pendidikan, status sosial dimasyarakat. untuk itu perlu kesadaran masyarakat agar dapat menjaga keluarga dan lingkungannya masing-masing.

Narasumber dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (Heryanto, M.Psi) melalui materi Optimalisasi Peran Relawan dalam Upaya P4GN, menjelaskan tentang prinsip dasar demand dan supply reduction dalam penanganan Narkoba, Kondisi dan Permasalahan Narkoba, Peran dan Fungsi Relawan baik sebagai Penyuluh-Inisiator-Fasilitator,  bentuk kegiatan yang dilakukan relawan anti Narkoba, dan Pentingnya Ketahanan Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Pentingnya program Rehabilitasi untuk mengurangi demand dari penyalahguna Narkoba. narasumber juga menekankan bahwa ketahanan diri dan Ketahanan Keluarga  berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang mampu menolak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan kelurahan maupun desanya masing masing di Kab. Mandailing Natal. "tegasnya".

Selanjutnya, Bapak Harry, SSTP., M.Sc yang mewakili Kepala Badan Kesbangpol Provsu menjelaskan kegiatan ini upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai regulasi Perda No 1/2019 tentang P4GN dan Program Strategis Daerah untuk menekan angka prevalansi penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba di Sumatera Utara. "ucap harry".

Relawan juga dibekali pemahaman tentang sistem aplikasi "SIAP BERSINAR" agar setiap relawan memahami tugas nya sebagai relawan di desa/kelurahan yang telah dikukuhkan pada tahun 2023 lalu di Kantor Gubernur Sumatera Utara. adapun relawan yang ikut dalam kegiatan optimalisasi SIAP BERSINAR antara lain dari Desa. Parbangunan, Kel. Panyabungan II, Kel. Panyabungan III, Kel. Pasar Hilir, Desa. Panyabungan Tonga, Kel. Sipolu-polu. kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Panyabungan, Kanit Binmas Polsek Panyabungan, lurah dan Kepala Desa.***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال