Memperingati HUT Ke -78 TNI, Dandim 1208/Sambas Hadiri Ziarah Nasional Dan Tabur Bunga Di TMP Kab. Sambas

Memperingati HUT Ke -78 TNI, Dandim 1208/Sambas Hadiri Ziarah Nasional Dan Tabur Bunga Di TMP Kab. Sambas 

Sambas, Tribuntujuwali.com
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Republik Indonesia (TNI) yang ke 78 yang  jatuh pada 5 Oktober 2023, Kodim 1208/Sambas gelar Upacara Ziarah Nasional yang dilaksanakan pada hari Rabu pagi (4/10) di Taman Makam Pahlawan  Desa Sungai Rambah, Kec. Sambas, Kab. Sambas. 

Diketahui sebelumnya, acara ini menjadi agenda nasional yang dilaksanakan di masing-masing daerah. Di Kabupaten Sambas sendiri, upacara ziarah nasional diprakarsai oleh Kodim 1208/Sambas.

Kegiatan Ziarah Nasional dilaksanakan sebagai bentuk pemberian penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagai Inspektur Upacara,  Komandan Batalion Infanteri 645/Gty, Letkol Inf. Pamungkas Army Saputro, S.Sos., M.Sc. Turut hadir pula dalam kegiatan  tersebut, Bupati Sambas, H. Satono S.Sos.I,MH beserta istri, Ketua Komisi IV DPRD Sambas, Anwari, S.Sos, MAP, Dandim 1208/Sambas, Letkol Czi Priyo Hindrarto, S.I.P, Kapolres Sambas , AKBP Sugiyatmo, S.I.K, Danyonif 645/Gty, Letkol Inf. Pamungkas Army Saputro, S.Sos., M.Sc, Danlanud Harry Hadisoemantri diwakili Kadislog Mayor Kal Sandi Ramdani, S. Si, Wadanyonif 645/GTY, Mayor Inf. Agus Dwi Prabowo, Wakapolres Sambas Kompol Muhammad Aminuddin, S.I.K,MH, Kasi PB3R, Adam Putrayansya, S.H, M.H, Para Perwira Staf Kodim dan Para Danramil 1208/Sambas, Para PJU Polres Sambas. 

"Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, menghingkan cipta, peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, dilanjutkan dengan doa bersama dan ditutup dengan penghormatan terahir dilanjutkan dengan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah".

Dalam kegiatan Komandan Kodim 1208/Sambas Letkol Czi Priyo Hindrarto S.I.P menyampaikan "Acara ini menjadi kegiatan rutin dilakukan oleh prajurit TNI sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa pahlawan yang telah gugur. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat kembali menggugah semangat persatuan, cinta tanah air, rela berkorban dan jiwa nasionalisme untuk generasi penerus bangsa, ungkapnya.

" Perlu diketahui, hari ulang tahun TNI diperingati setiap tanggal 5 Oktober merujuk pada peristiwa sejarah ditetepkannya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) oleh Soekarno yang sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Penetapan ini dilakukan pada 5 Oktober 1945. Sementara itu nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) sendiri baru ditetepakan pada 3 Juni 1947, terangnya. 

Disela-sela tabur bunga Dandim juga mengatakan, bahwa kegiatan ziarah ini merupakan keharusan di lingkungan prajurit TNI, termasuk dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78, agar kita selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan, juga sebagai bentuk rasa hormat dan bangga terhadap para pahlawan,  bahwa kita ada karena perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para pendahulu serta kita perlu mencontoh semangat perjuangan dari para pendahulu kita, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara yang kita cintai. tutup Dandim. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال